Rabu, 07 November 2012

Cara Meraup 337 Ribu Pageview Dengan Satu Tulisan



Kuceritakan kisah ini bukanlah untuk mengabarkan pencapaianku sebagai narablog, bukan pula sebuah tips bernas bagi blogger pemula yang selalu haus akan informasi berupa trik untuk meningkatkan trafik kunjungan ke blog, melainkan riwayat blogging-ku terdahulu. Yang lebih kutekankan sebagai penyampai permohonan maaf dan ucapan terima kasih.

Semuanya bermula dari sebuah tulisan informatif yang kuturunkan di blog pertamaku yang numpang di Wordpress dengan alamat http://elsaelsi.wordpress.com lebih setahun yang lalu.


Berangkat dari satu tujuan untuk membantu menyebarluaskan informasi ke tengah masyarakat. Pada pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru Tahun 2011, aku menurunkan postingan blog pada tanggal 30 Juli 2011 dengan judul Pengumuman Hasil PLPG Sertifikasi Guru 2011 Seluruh Rayon. Sampai saat kumenyiapkan tulisan ini, tulisan yang tersebut terdahulu telah memperoleh 337.431 klik, 418 vote dan 649 komentar dari pengunjung blog-ku. Sehingga membuatku berani mengatakan bahwa tulisan tersebut telah mendapat sambutan luar biasa menurut ukuranku sendiri, sekaligus telah menimbulkan semangat nge-blog yang juga luar biasa.

Sengaja kukatakan di awal bahwa salah satu maksudku menuliskan semua ini adalah sebagai sarana untuk mengucapkan kata maaf. Karena diantara 649 komentar yang telah singgah sebagai respon dari pembaca tulisan yang kuceritakan ini, ada kutemukan beberapa ketidakpuasan. Telah kusadari memang dari awal hadirnya tulisan tersebut sarat dengan kekurangan. Sebagai akibat dari tidak kutemukan beberapa sumber yang akurat. Berujung pada tidak lengkapnya informasi yang kusajikan. Sehingga keinginan dan harapanku untuk memuaskan semua pihak tak pernah terwujudkan. Untuk keadaan yang seperti itulah kumohonkan maaf, terutama kepada pencari informasi yang terlanjur nyasar ke tulisan itu.

Ucapan terimakasih tentu saja, kepada mereka yang telah memberiku tiga ratus tiga puluh tujuh ribu lebih tayangan laman pada satu tulisan tersebut. Secara nyata merupakan sumbangan signifikan dalam raihan trafik kunjungan bagi blog-ku. Sehingga berkat semua itu, telah menempatkan blog-ku pada peringkat 179 ribuan versi Alexa dalam waktu enam bulan setelah termuatnya tulisan itu. Tanpa kebutuhan mereka keberadaan tulisanku tak akan berarti apa-apa.

Terlebih kepada Google, atas peran besarnya dalam memberikan jalan menuju tulisan dan blog-ku. Di saat 300 ribuan orang guru-guru di seluruh Indonesia tengah memiliki kata kunci bersama : pengumuman sertifikasi guru dan pengumuman plpg 2011. Justru Google menyediakan tulisanku itu pada baris pertama di halaman satu jika kata itu yang dicari orang. Bahkan hingga kini, ketika telah lebih setahun informasi itu tak lagi dibutuhkan, kita masih disuguhkan hal yang sama untuk kata kunci yang tersebut pada penggal akhir, urutan teratas dari 1.130.000 entri. Sungguh tiada upayaku untuk mendapatkan semua itu, melainkan sebagai pemberian secara cuma-cuma. Sudah sepantasnyalah aku berterima kasih.

Silahkan diklik untuk memperbesar gambar


Jadi, bagaimana caranya??? Itulah yang aku tidak tahu. Sebab yang kulakukan hanyalah mengikuti anjuran hati : ”tulislah semua apa yang dibutuhkan banyak orang”. Selebihnya bukan urusan kita. Tidak seperti kebanyakan rekan blogger, jika berkesempatan untuk mendapatkan posisi terbaik di halaman mesin pencari, mereka akan mengklaim semua itu sebagai hasil pemikirannya yang luar biasa, sehingga terciptalah berbagai teori untuk menguasai search engine. Untuk selanjutnya diajarkan kepada yang lain, bahkan ada yang menjualnya. Sebuah sikap yang menurutku seperti sikap seorang kaya raya menganggap berkat kejeniusannyalah didapatkan semua kekayaan. Sebuah sikap yang menimbulkan rasa geli menguasai pikiranku.




Jika Anda Menyukai Artikel ini Mohon KLIK DISINI dan sebarkan pada yang lain melalui jejaring di bawah ini 

2 komentar:

  1. Keren banget webnya mbak..
    salam kenal :)

    BalasHapus
  2. wah saya jadi paham bagaimana cara mendatangkan yang banyak..
    makasi inponya mbak

    BalasHapus