ANGGREK HITAM DARI KALIMANTAN TIMUR - ES0063Uss IDN 1996

ANGGREK HITAM DARI KALIMANTAN TIMUR - ES0063Uss IDN 1996
https://1.bp.blogspot.com/-8U46eCL6kLw/XeGv_Ue06fI/AAAAAAAABZc/SdsYzEh3CB4CTB5bKnQJJA44YSAXrqEbQCLcBGAsYHQ/s72-c/ID_0006u_%2528elsaelsi.com%2529.jpg
US$0.20
Kode Barang ES0063Uss IDN 1996
Keterangan Prangko Indonesia (Indonesian Postage Stamp) bekas satu keping. Merupakan salah satu dari sepuluh prangko, yaitu prangko peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional seri ke empat tahun 1996. Tanggal terbit 05 November 1996. Dicetak tanpa tanda air dengan ukuran perforasi 13½ x 12¾. Kondisi : Fine Used, Shortset (1v)
Stok Barang 1
Klik Gambar untuk Memperbesar
Scan untuk Memesan via WA

Puspa Lambang Provinsi Kalimantan Timur: Anggrek Hitam


(elsaelsi.com) - Anggrek hitam adalah sejenis tumbuhan yang termasuk dalam spesies anggrek dengan ordo asparagales, famili orchidaceae, subfamili epidendroideae dan genus coelogyne. Anggrek ini banyak tumbuh di semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatera hingga daratan Papua. Pada penetapan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional pada tahun 1993, pemerintah provinsi Kalimantan Timur memilih anggrek hitam yang bernama latin Coelogyne pandurata ini menjadi puspa lambang provinsi tersebut.

Anggrek hitam merupakan jenis anggrek yang dilindungi keberadaannya. Berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999 yang dikeluarkan pada tanggal 27 Januari 1999. Namun hingga saat ini jumlah anggrek hitam telah mengalami penurunan yang sangat besar. Hal ini disebabkan kian menyusutnya luas hutan di Kalimantan yang merupakan habitat tanaman yang dikenal dengan Black Orchid ini.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) atau Black Orchid ini disebut anggrek hitam karena memiliki warna lidah (labellum) yang hitam dengan garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Warna hitam pada lidah bunga Anggrek Hitam adalah pembawa sifat hitam yang dianggap langka, warna hitam ini dapat menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang di butuhkan oleh para ahli tanaman untuk menghasilkan jenis persilangan corak warna bunga baru.

Seperti umumnya anggrek, bunga ini juga memiliki sekitar 1 hingga 14 kuntum. Garis tengah tiap bunga sekitar 10 cm. Daun Kelopak berbentuk lanset, melancip, berwama hijau muda dengan panjang 5 - 6 cm dan lebar 2 - 3 cm. Daun mahkota berbentuk lanset melancip berwarna hijau muda menyerupai biola, tengah-tengahnya terdapat 1 alur, pinggirnya mengeriting, berwama hitam kelam atau coklat tua.

Seperti anggrek lainnya Anggrek Hitam tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (epifit). Jenis anggrek yang langka ini sering di temui di dataran rendah pada pohon-pohon tua, di dekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas dan dekat sungai-sungai di hutan basah.

Musim berbunga anggrek hitam biasanya terjadi pada pertengahan tahun antara bulan Maret sampai bulan Juni.

Meski wangi anggrek ini tidak jauh berbeda dari anggrek lainnya, anggrek eksotis yang merupakan tanaman endemik ini tetap memiliki nilai prestis dikalangan para pecinta bunga anggrek di Indonesia. Selain itu menurut kepercayaan masyarakat setempat, anggrek hitam memiliki kekuatan mistis. Masyarakat Dayak sangat menghormati anggrek hitam, mencuri atau merusaknya berarti merupakan pelanggaran terhadap hukum adat.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 

+62 (0) 852 7474 1234

Copyright © 2012. Elsaelsi Stamps Shop - All Rights Reserved